CARA MEMBUAT WIFI DARI LAPTOP

WIFI (Wireless Fidelity) merupakan teknologi yang populer akhir-akhir ini. Faktor fleksibelitas yang mempengaruhi teknologi ini populer. Tak jarang kita kerap menemui layanan WIFI gratis di berbagai area misalnya cafe, kedai kopi, tempat makan, kampus dan sebagainya. Dibanding dengan teknologi kabel (wired) sebenarnya wifi masih kalah dalam hal transimi data. Sehingga pada umumnya teknologi kabel yang menjadi jantung dari sebuah koneksi internet di sebuah perkotaan. Namun karena masalah fleksibelitas inilah yang menjadikan wifi menjadi lebih populer. Jaringan wifi biasanya dibuat menggunakan alat bernama Akses Point ( Transmitter) dengan alat tersebut dapat menyalurkan data maksimum yang bisa ditranmisikan sebesar 54 MB/s. Sedangkan Laptop atau Smartphone yang kita gunakan disini sebagai penerima atau reciever.  Akan tetapi dengan Laptop yang dilengkapi dengan perangkat wifi sebenarnya kita bisa membuat jaringan WIFI sendiri.  Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, berikut langkahnya :

 1.  Pastikan jaringan wifi di laptop anda dalam keadaan ON ( menyala ).  Lalu masuklah ke cmd, start >> cari cmd (Command Prompt) >> klik kanan run as “administrator”

      
 2.  Setelah masuk buatlah jaringan host dengan cara mengetikan :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=”HOTSPOTKU” key=beybeykey 


perintah diatas merupakan cara untuk membuat jaringan wifi dengan nama ssid “HOTSPOTKU dengan password=”byebyekey”. Anda bisa menggantinya bebas sesuai dengan kehendak anda.


3. Untuk memulai jaringan wifi yang anda buat ketikan :
netsh wlan start hostednetwork 



dengan perintah tersebut maka wifi yang anda buat sudah ada. Cobalah cek dengan perangkat anda. 

4.  Secara default koneksi yang kita buat tadi tanpa koneksi internet untuk membuat koneksi wifi yang memiliki koneksi internet. Kita melakukan sharing koneksi namun dengan syarat laptop kita harus juga terhubung dengan internet. Untuk membuatnya masuk ke control panel >> network and internet >> network conections >> pilih adapter yang langsung terhubung dengan internet >> klik kanan properties  >> sharing >> check “allow other network users to connect through this internet connection”>> lalu pilih adapter yang dipakai untuk koneksi wifi anda.



Karena di jaringan yang saya buat tadi menggunakan “wireless connection 2” pilih saja adapter tersebut.

5. Untuk mematikan jaringan yang kita buat tadi, kembalilah ke cmd tadi setelah itu ketikan :
netsh wlan stop hostednetwork



Perintah yang diketikan pada command crompt harus benar jika salah maka koneksi yang kita buat tidak berjalan  jadi perhatikan betul perintah diatas. Semoga bermanfaat.

Berikan sanggahan, kritkan, dan saran anda
Emoticon Emoticon