Membangun Jaringan Adhoc dan Penggunaan File Sharing

Jaringan Adhoc merupakan Jaringan Komputer yang terbentuk antara dua komputer atau lebih yang terhubung satu sama lain tanpa ada perantara perangkat jaringan lain. Umumnya Jaringan Adhoc menggunakan topologi mesh dalam pembentukannya. Jadi di dalam jaringan Adhoc tidak ada yang bertindak sebagai server, status antar komputer di dalam jaringan tersebut sama rata. Nama lain dari jaringan ini adalah jarigan peer to peer.


Dalam topologi mesh satu komputer terhubung dengan komputer lain secara langsung. Untuk itu dibutuhkan perangkat Network Card yang cukup banyak dalam satu komputer. Hal ini bergantung pada jumlah Komputer yang terhubung satu sama lain. Standarnya suatu komputer atau laptop memiliki satu network card dalam satu unitnya. Jadi kita dapat membangun Jaringan Adhoc dengan 2 komputer saja.

Studi Kasus :
-  2 Komputer yang bersistem operasi Windows 7
-  Dihubungkan dengan Jaringan WIFI Adhoc
-  Kemudian salah satu komputer melakukan sharing data ke jaringan tersebut.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk membagun jaringan adhoc :
1. Bukalah Control Panel => Network and Internet => Network and Sharing Center => Kemudian pilih "setup a connection or network"



2. Setelah itu pilihlah "setup a wireless adhoc(computer to computer) network" akan muncul konfigurasi awal jaringan Adhoc pilih saja next.


3. Selanjutnya  berikan nama Jaringan Adhoc yang kita buat, apabila ingin menambahkan password silakan isikan form password dan klik Next. Setelah itu tunggu komputer akan memproses jaringan yang kita buat dan tunggu beberapa saat.


4. Silakan Hubungkan Komputer 1 dengan Jaringan yang kita buat dan jangan lupa hubungkan pula Komputer 2 dengan Jaringan Adhoc tersebut. Setelah semuanya terhubung maka kedua komputer tersebut sudah terhubung dengan jaringan adhoc yang kita buat.


 5. Untuk melakukan sharing file, Silakan cari file atau folder yang akan dishare dalam jaringan tersebut lalu klik kanan file terseut dan pilih "share with" dan pilih "Spesific People"


6. Tambahkan Akses "Everyone" pada pilihan pembagian file yang akan kita sharing tersebut. Jangan Lupa ubah hak akses ( Permission Level ) pada "Everyone" menjadi Read. Selanjutnya pilih tombol share.


Sampai disini file sudah ter-Share dalam jaringan tersebut. Untuk itu kita dapat mengkases file tersebut melalui menu My Network Place di dalam file explorer di komputer kita.


Berikan sanggahan, kritkan, dan saran anda
Emoticon Emoticon