Bagaimana Memperbaiki Grub di Ubuntu?

Bagi anda pengguna sistem operasi Linux khususnya Ubuntu, tentunya pernah mengalami masalah Ubuntu anda yang tidak mau booting. Hal itu disebabkan hilangnya GRUB pada Ubuntu anda, GRUB merupakan file booting di sistem operasi linux jika di windows biasa disebut MBR. Hilang atau rusaknya GRUB biasanya disebabkan karena proses booting dan shutdown yang tidak sempurna, virus, terhapus sengaja, atau tertimpa MBR ketika anda memperbaiki Windows anda ( bagi pengguna Dual Boot system ) .  Kali ini saya akan berbagi solusi untuk mengatasi GRUB yang hilang karena tertimpa MBR Windows. Hal yang perlu disiapkan terlebih dahulu adalah CD installer Ubuntu atau dari Flashdisk yang tentunya telah dibuat sebelumnya. Sesuaikan versinya dengan Ubuntu yang telah terinstal sebelumnya di Komputer anda. 

1.  Atur First Boot komputer melalui installer Ubuntu anda. Lalu pilih Run Ubuntu on your Hardisk . Setelah berhasil masuk ke desktop utama Ubuntu, buka terminal untuk lebih cepatnya kita dapat menekan Ctrl + Alt  + T secara bersamaan. 

2.   Ketikan “ sudo su ”, untuk masuk sebagai superuser di komputer anda, kemudian tekan enter

3.   Lalu cari di partisi manakah Ubuntu anda di install sebelumnya, dengan mengetik perintah “ fdisk –l ”, umumnya partisi yang telah terinstal sistem operasi linux sistemnya adalah linux. Dibawah ini, partisi yang telah terinstal ubuntu ada di partisi /dev/sda2
4.   Setelah itu mount partisi tersebut dengan mengetikan mount /dev/sda2 /mnt
5.   Kemudian install grub di partisi yang telah termount tadi dengan mengetikan grub-install –root-directory /mnt /dev/sda
6.  Jangan lupa, ketikan update-grub untuk mengupdate list grub anda agar terdapat dua pilihan sistem operasi  saat komputer pertama kali dinyalakan.
7.  Untuk mencobanya reboot komputer anda, dan atur First Bootnya pada pilihan  Hardisk.


     Sebenarnya kita juga bisa mengetik perintah di linux tanpa mengetikan sudo su terlebih dahulu, namun disetiap perintah itu kita harus menambahkan awalan sudo, misal sudo mount/dev/sda /mnt/ dan seterusnya. Namun secara prinsip tetap sama. Memakai sistem operasi Linux memang memberikan kesan yang lebih rumit dibandingkan dengan Windows karena kebanyakan perintahnya menggunakan console. Disamping itu memakai Linux juga memberikan kenyamanan tersendiri karena sistem operasi ini jarang terkena virus. Selamat Mencoba !

Berikan sanggahan, kritkan, dan saran anda
Emoticon Emoticon