Setting Brightness Ubuntu secara Permanen

Anchors - Bagi anda pengguna pecinta Linux khususnya distro Ubuntu yang baru saja menginstal ulang Ubuntunya, pastinya akan menemui pengaturan standar yang ada pada Ubuntu instalan baru tersebut. Dalam tulisan ini kita akan membahas mengenai masalah Brightness pada pengaturan default Ubuntu.

Brightness merupakan tingkat kecerahan yang ada pada layar Laptop / Komputer kita, secara default pengaturan brightness Ubuntu akan terset nilai maksimal ketika Komputer atau Laptop kita baru saja direstart atau dinyalakan. Ketika kita ingin mengurangi level Brightness pada Laptop / Komputer kita, kita bisa mengatur nilai brightness tersebut secara manual namun hal ini merupakan pengaturan yang sifatnya temporary atau sifatnya sementara. Pada Laptop di restart maka konfigurasi tersebut akan hilang dan akan kembali ke keadaan semula.

Untuk mengatasi hal tersebut kita harus mengatur konfigurasi brightness melalui konfigurasi pada file rc.local yang ada pada folder etc. Berikut langkah-langkahnya:

1. Dalam hal ini saya menggunakan Ubuntu 14.04 Trusty Tahr, Bukalah terminal pada ubuntu kita dan masuk sebagai root (superuser). Secara umum komputer / laptop kita menggunakan prosesor AMD atau Intel. Untuk mengatur nilai brightness kita harus mengetahui nilai maksimal dari tingkat kecerahan pada komputer / laptop kita, untuk mengetahui nilai max-nya ketikan berikut di terminal :
Prosessor Intel : 
cat /sys/class/backlight/intel_backlight/max_brightness 
Prosessor AMD : 
cat /sys/class/backlight/acpi_video0/max_brightness
Pada komputer yang saya gunakan memiliki nilai maksimal 7812 jadi untuk mengatur agar kecerahannya berkurang maka kita harus mengatur nilai tersebut agar lebih kecil, langkahnya masuk ke file "rc.local" di komputer kita, disini saya menggunakan editor nano yang secara default sudah ada di ubuntu yang kita instal.


2.  Folder etc pada linux merupakan folder yang digunakan untuk menyimpan pengaturan user di Linux. Setelah terbuka tambahkan perintah di baris akhir di file ini :
echo A > /sys/class/backlight/intel_backlight/brightness
nilai "A" merupakan nilai dimana tingkat kecerahan layar laptop akan kita atur

disini saya mengatur nilai 800 pada komputer yang saya gunakan, nilai ini merupakan nilai tingkat kecerahan rendah pada skala 0-7812 pada level Brightness di komputer saya.

3. Setelah itu simpan konfigurasi file tadi dengan menekan "ctrl+x" dan pilih "save", untuk mencobanya apakah berhasil atau tidak silahkan reboot atau restart Ubuntu anda. Jika belum berhasil perhatikan ulang langkah diatas. Selamat Mencoba !
 

Berikan sanggahan, kritkan, dan saran anda
Emoticon Emoticon