BACKUP KONTAK ANDROID DENGAN MUDAH

Kontak atau daftar nomor telepon merupakan data penting yang dimiliki semua orang di smartphonenya masing-masing. Kita mungkin akan kecewa apabila kehilangan data tersebut. Kontak biasanya dapat disimpan di SIM atau di memori telepon kita. Apabila kita menyimpannya di SIM, terdapat batasan dalam jumlah maksimal yang bisa disimpan di suatu SIM dan kontak yang kita simpan akan otomatis beralih ke memori telepon. Suatu kontak dapat hilang karena proses penggantian  ROM, Upgrade / Downgrade Versi android dan sebagainya. Untuk itu kita bisa mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan backup kontak secara berkala. Android dalam hal ini telah menyediakan fitur backup yang bisa kita pergunakan. Berikut langkah-langkahnya :
  1.  Bukalah aplikasi kontak di Smartphone Android
  2. Kemudian silahkan pilih popup menu di aplikasi kontak android dan pilih menu “Import / Export”
  3. Setelah itu pilihlah Menu Export to SD Card untuk membackup kontak di lokasi memori eksternal pada perangkat android
  4. Lalu akan popup dialog baru mengenai penyimpanan data backup kontak tersebut. Konfirmasi saja dengan memiiih ok    
  5. Proses backup atau eksport kontak akan berlangsung dan tunggu sejenak 
  6. Untuk mengecek apakah file hasil eksport tersebut masuklah ke aplikasi File Explorer >> Pilih perangkat memori eksternal >> kemudian carilah file dengan format vcf ( variant call format ) apakah sudah ada di memori eksternal kita 

Untuk merestore kontak tersebut kita dapat memilih menu Import from SD Card lalu plih file [.vcf] yang ada di memori eksternal kita. Sebenarnya selain fitur Import / export tersebut kita bisa menggunakan fitur sinkronisasi online untuk melakukan proses backup dan restore data dengan menggunakann akun google yang kita gunakan di smarpthone android kita.

Berikan sanggahan, kritkan, dan saran anda
Emoticon Emoticon